Selasa, 19 Januari 2010

PROFIL MTs NEGERI BUKIT RAYA PEKANBRAU


PROFIL MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PEKANBARU KAMPUS SIMPANG TIGA

A. Pendahuluan

Pendidikan merupakan bagian penting dari proses pembangunan nasional yang ikut menentukan pertumbuhan suatu negara. Pendidikan juga merupakan investasi dalam pengembangan sumber daya manusia, di mana peningkatan kecakapan dan kemampuan diyakini sebagai faktor pendukung upaya manusia dalam mengarungi kehidupan yang penuh dengan ketidakpastian. Dalam kerangka inilah pendidikan diperlukan dan dipandang sebagai kebutuhan dasar bagi masyarakat yang ingin maju.

Sejalan dengan itu, Madrasah Tsanawiyah Negeri Pekanbaru Kampus Simpang Tiga adalah satuan pendidikan formal yang telah diakui undang-undang yang merupakan jenjang pendidikan dasar. Dalam undang-undang RI No: 20 Tahun 2005 Pasal 12 ayat 5 disebutkan “Pendidikan Dasar berbentuk Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau bentuk lain yang sederajat”.

Madrasah Tsanawiyah Negeri Pekanbaru Kampus Simpang Tiga selalu dan terus berbenah diri guna mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepad Allah SWT, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Dalam kerangka itu, Madrasah Tsanawiyah Negeri Pekanbaru Kampus Simpang Tiga ingin menampilkan profilnya agar dapat diketahui keadaannya guna dievaluasi dan dibenahi agar fungsi dan tujuan pendidikan itu tercapai.

A. Sejarah dan Perkembangan Madrasah Tsanawiyah Negeri Pekanbaru Kampus Simpang Tiga

Surat edaran Menteri Agama RI No: D.III/Ed/43/1978 tanggal 18 Februari 1978 tentang struktur baru kelembagaan Pendidikan Agama, menjelaskan bahwa PGAN 6 tahun dipecah menjadi PGAN dan MTsN.

Berdasarkan surat edaran tersebut, PGAN Pekanbaru ikut menyesuaikan, maka pada tahun 1979 PGAN 6 tahun Pekanbaru dipecah menjadi PGAN dan MTsN Pekanbaru, yang lokasinya berada pada satu area dengan posisi PGAN di sebelah selatan dan MTsN Pekanbaru di sebelah utara. Dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Pekanbaru Kampus Simpang Tiga merupakan bagian dari MTsN Pekanbaru. kemudian berdiri sendiri menjadi MTs Negeri Bukit Raya Pekanbaru

1 komentar: